Budidaya Tanaman | Budidaya Tanaman Pangan | Budidaya Tanaman Buah | Budidaya Tanaman Hias| Budidaya Tanaman Obat I Budidaya Tanaman Hortikultura | Usaha Budidaya Tanaman

Senin, 30 Juni 2014

Panduan Budidaya Tanaman Jagung Yang Baik, Mudah dan Murah

budidaya tanaman jagungMaize atau jagung merupakan sejenis tanaman pangan yang memiliki banya manfaat, selain sebagai tanaman pangan, bulir jagung juga dapat digunakan untuk pakan ternak, bahan minyak pangan serta kecantikan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zea mays ssp. mays merupakan tanaman yang bulirnya menjadi bahan makanan pokok didaerah amerika tengah dan amerika selatan.

Panduan Budidaya Tanaman Jagung Yang Baik


Sejalan dengan adanya berbagai penemuan baru dibidang teknologi serta ilmu pengetahuan, jagung kini kini dikelola dengan skala industry besar untuk kepentingan biogas, bahan kecantikan dan kesehatan. Dengan berbagai fungsi dan manfaat tersebut, maka tidak heran jika permintaan akan bulir jagung kian meningkat sehingga menjadikan budidaya tanaman jagung sebagai salah satu bidang agribisnis yang sangat menguntungkan.

Untuk membantu anda yang ingin belajar bagaimana menanam jagung yang mudah namun hasil melimpah, sengaja kami hadirkan artikel khusus untuk anda dengan judul :


Panduan Budidaya Tanaman Jagung Yang Baik, Mudah dan Murah

Mari kita simak ulasannya dibawah ini :

Syarat Tumbuh Budidaya Tanaman jagung

- Daerah memiliki curah hujan sekitar 23o C – 30oC dengan curah hujan 85-200 mm/bulan

- Ketinggian tanah sekitar 3000 mdpl

- Tidak sering terjadi angin besar karena akan menghancurkan tanaman jagung

- Cukup matahari dan jangan ada sesuatupun yang menghalangi cahaya matahari

- Aerasi air mudah dan dengan kemiringan ideal 8%. Apabila kemiringan tanah lebih dari 8%, maka buatlah sengkedan.

  • Media Tanah
- PH tanah berkisar antara 5,5 – 7,5

- Tanah tidak terlalu basah seperti tanah untuk penanaman padi

- Tanah subur dengan tekstur lembut serta kaya akan humus, anda bisa menyuburkannya lagi dengan pupuk alami.

- Jenis tanah yang baik untuk budidaya tanaman jagung adalah grumosol ,andosol, tanah berpasir , latosol dan lempung.

  • Teknik penanaman

Persiapan lahan Budidaya Tanaman Jagung


Tanah yang akan dijadikan lahan budidaya jagung harus di cangkul dengan kedalaman setinggi daun cangkul atau sekitar 10 cm hingga 20 cm. Biarkan beberapa hari agar zat – zat asam serta unsur beracun lain dapat menguap dan menghilang. Anda bisa mencampurkannya tanah lahan dengan pupuk alami baru kemudian di garu serta diratakan.

Untuk memperlancar saluran air, buatlah lahan dengan bentuk kotak – kotak dengan dikelilingi seloan kecil dengan ukuran kedalaman 20 cm dan lebar 30 cm. 

Penanaman Budidaya Tanaman Jagung

  • Pembenihan
Dalam memilih bibit anda bisa membuatnya sendiri atau dengan membeli produk pabrikan yang telah banyak tersedia di toko pertanian. Jika anda ingin mencoba menanam sendiri benih maka pilihlah bibit yang berkualitas dengan ciri – ciri tongkol besar, kuat, panjang, serta telah tua. 
  • Penananaman
Pada proses penanaman, anda bisa menanam benih padi untuk satu lubang yang memiliki kedalaman 3-5 cm. Untuk jarak tanan disesuaikan dengan umur jagung misalnya untuk jagung dengan masa panen lebih dari 100 hari maka ukuran jarak tanam adalah 40x100 cm. Untuk tanamaan jagung yang memiliki masa panen 80 – 100 hari maka buatlah jarak tanam dengan ukuran 25x75 cm

Pemeliharaan budidaya tanaman jagung

  • Pengairan
Untuk tanaman jagung, kebutuhan air tidak terlalu besar kecuali pada saat tanaman jagung mulai berbunga sehingga perlu dialiri air melalui parit – parit yang telah anda buat sebelumnya. 

  • Penyulaman
Untuk menjaga kualitas tanaman, maka penyulaman harus dilakukan yaitu mengganti tanaman yang kurang baik atau mati dengan tanaman baru. Caranya, anda potong tanaman jagung tersebut mulai dari batang yang rata dengan tanah. Masa penyulaman hanya boleh dilakukan pada saat maksimal 10 hari dari masa tanam.
  • Penyiangan 
Penyiangan berfungsi untuk membersihkan lahan dari berbagai tanaman liar baik jenis rerumputan maupun tanaman gulma lain yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman jagung. Lakukan penyiangan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan cangkul kecil atau garpu tani.
  • Pemupukan
Pemupukan dilakukan pada saat sebelum tanam dan setelah penanaman. Sebelum penanaman dilakukan dengan pupuk kompos atau kandang dengan cara mencampurkannya dengan tanah lahan jagung. 

Sementra pemupukan budidaya tanaman jagung setelah masa panen dapat anda lakukan dengan menggunakan jenis pupuk anorganik dari pabrik setelah umur jagung inimal 2 minggu.

  • Pembumbunan
Pembubunan dalam budidaya tanaman jagung berarti meniimbun tanah disekitar tanaman agar tanaman lebih kuat akarnya. Anda bisa melakukannya dengan cara mengeruk tanah di sekitar tanaman kemudian menimbunnya di sekeliling tanaman jagung.

Selain hal – hal diatas, anda juga perlu melakukan pemberantasan hama yang nantinya akan kita bahas secara tuntas di artikel lainnya. 


Demikianlah artikel Panduan Budidaya Tanaman Jagung Yang Baik, Mudah dan Murah yang semoga bermanfaat untuk anda khususnya para petani aga mendapatkan panen jagung yang melimpah. 

Panduan Budidaya Tanaman Jagung Yang Baik, Mudah dan Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wong ndesa

0 komentar :

Posting Komentar